Sambel Tumpang

Sambel Tumpang. Lihat juga resep Sambel Tumpang enak lainnya! Resep Cara Membuat Sambal Tumpang Enak - Sambal tumpang merupakan masakan yang sangat khas dari kota Kediri. Mungkin dari sebagian orang di Indonesia masih banyak yang belum mengenal sambal tumpang.

Sambel Tumpang Sudah lama pengen masak sambel tumpang sendiri ๐Ÿ˜ secara saya penggemar beratnya. Ternyata setelah cari resepnya bunda @Lailazegaff, gampang banget bikinnya๐Ÿ‘Œ #FestivalRamadanCookpad Eksekusi deh, tapi disini saya pakai tempe waras aja, suami ngga doyan klu pake tempe busuk๐Ÿ˜ฌ sekalian mo ikutan aca. Sambal tumpang adalah olahan khas dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. You can have Sambel Tumpang using 13 ingredients and 4 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Sambel Tumpang

  1. It's 1 papan of tempe semangit.
  2. It's 6 buah of cabe merah keriting.
  3. Prepare 5 buah of cabe rawit merah.
  4. You need 1 butir of kencur.
  5. Prepare 3 siung of bawang merah.
  6. You need 2 siung of bawang putih.
  7. Prepare 5 lembar of daun jeruk.
  8. It's 1 batang of serai.
  9. You need 2 lembar of daun salam.
  10. You need 250 ml of santan kental(me kara cairkan).
  11. You need of Bubuk kaldu.
  12. It's secukupnya of Garam.
  13. You need secukupnya of Gula pasir.

Yang khas dari sambal ini adalah penggunaan dua jenis tempe, tempe yang sudah menjelang busuk atau terlalu matang dan tempe yang masih bagus. Tapi anda juga bisa membuat sambal tumpang dari tempe yang masih bagus, lho. Ba'da maghrib tadi kok pikiran saya langsung ingat sambal tumpang. Mau minta Bibi masak sambal tumpang, dia Sunada asli, dugaanku belum tahu.

Sambel Tumpang step by step

  1. Kukus tempe..kemudian haluskan menggunakan garpu atau sendok...haluskan cabai..duo bawang..kencur..3 lmbar daun jeruk....
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan...masukan serai..lengkuas...salam..dan sisa daun jeruk...setelah harum masukan santan...aduk2.....
  3. Masukan tempe semangit...aduk...beri garam..bubuk kadu...gula pasir...cek rasa...masak hingga agak menyusut.....
  4. Sambel tumpang siap disajikan...Happy cooking...๐Ÿ’•๐Ÿ’š๐Ÿ˜˜.

Langsung googling, dan ketemu resep ini. Dari testimoni yang ada, nampaknya oke banget alias maknyus bin mantap lan ngangeni. Pingin coba akhir pekan ini, kebetulan tidak ada kegiatan kantor. Jadilah sambel tumpang tempe ini satu masakan yang tidak terlupakan! Resep-resep tempe yang lezat dari para influencer akan ditampilkan di MAHI hingga beberapa waktu mendatang.

Comments

Popular posts from this blog

Nasi Ayam bumbu hitam ala madura

Nasi kebuli Daging Sapi

Bubur Ayam Kampung (Kampong Chicken porridge)