Lapis Daging Vegetarian (berbahan dasar Gluten)

Lapis Daging Vegetarian (berbahan dasar Gluten). Daging vegetarian yang berbasis gluten biasanya disebut dengan nama seitan. Semakin banyak restoran dan kedai vegetarian yang menyediakannya. Namun bahan makanan yang satu ini masih tergolong sulit ditemukan di pasar swalayan atau toko bahan makanan khusus sekalipun.

Lapis Daging Vegetarian (berbahan dasar Gluten) Bagi kamu yang vegetarian pasti sangat memperhatikan apa yang kamu konsumsi sehari-hari. Daging, telur, susu, ikan dan produk turunannya seperti sosis Nah, berikut adalah lima resep menu vegetarian berbahan dasar tempe dan tahu yang bisa kamu jadikan sebagai menu sehari-hari kamu. Menjaga kesehatan dengan menerapkan pola makan sehat bisa dilakukan dengan diet vegetarian atau diet vegan. You can cook Lapis Daging Vegetarian (berbahan dasar Gluten) using 28 ingredients and 6 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Lapis Daging Vegetarian (berbahan dasar Gluten)

  1. You need of Bahan gluten :.
  2. You need 1 kg of terigu protein tinggi.
  3. Prepare 1 sdm of garam halus.
  4. You need 600 ml of air matang (kurang lebih).
  5. You need of Bumbu lapis daging :.
  6. Prepare 500 gr of gluten/daging imitasi.
  7. Prepare 1 btg of sere,geprek.
  8. It's 2 lbr of daun jeruk.
  9. It's 1 lbr of daun salam.
  10. Prepare 1 btr of cengkeh.
  11. You need 1 cm of kayu manis.
  12. You need 1 sdm of air asam jawa.
  13. It's 1 sdt of gula merah sisir.
  14. You need 2 sdm of kecap manis.
  15. It's 1 sdt of garam.
  16. Prepare 2 sdm of minyak goreng,untuk menumis.
  17. Prepare 150 ml of air.
  18. Prepare of Bumbu halus :.
  19. Prepare 5 siung of bawang merah.
  20. Prepare 3 siung of bawang putih.
  21. You need 1 sdt of ketumbar,sangrai.
  22. You need 3 btr of kemiri,goreng.
  23. It's 1/4 btr of pala.
  24. It's 1/2 sdt of merica butir.
  25. It's 2 cm of kunyit.
  26. It's 2 cm of jahe.
  27. You need 1 cm of lengkuas muda.
  28. You need 1 bh of cabe merah,buang bijinya.

Sumber protein pengganti daging adalah salah satu kendala yang dihadapi. Namun, Anda tidak perlu bingung, karena sumber protein pengganti daging tidak hanya tahu dan tempe saja. Daging vegetarian biasanya dicari oleh orang yang baru beralih menjadi pengonsumsi sayur, untuk mengobati kerinduannya akan sajian daging. Sayang sekali jika vegetarian ingin menghindari daging agar lebih sehat, malah membeli produk yang tidak sehat.

Lapis Daging Vegetarian (berbahan dasar Gluten) step by step

  1. Membuat gluten: campur terigu dan garam dalam wadah,tambahkan air sedikit2 sambil diuleni. Kalau terigu sudah bisa menyatu,tidak usah ditambah air lagi. Uleni sampai kalis dan tidak lengket di tangan. Kemudian tutup adonan dengan serbet basah,diamkan selama 6 jam supaya glutennya benar2 terbentuk..
  2. Langkah berikutnya ini yang harus telaten dan sabar...cuci adonan sampai bersih. Caranya bilas di bawah air mengalir sambil diperas,atau sambil diuleni pelan di dalam baskom sampai air cucinya bening. Tujuannya untuk menghilangkan pati tepungnya. Saya butuh air satu ember besar sampai bisa betul2 bersih dan dapat glutennya yang berwarna agak kekuningan dan kenyal seperti karet. Dari satu kg terigu,gluten yang didapat sekitar hampir 1/2 kg. Diamkan gluten sebentar (30 menit) dalam wadah kering..
  3. Potong2 gluten jadi beberapa. Sebaiknya ukurannya jangan terlalu besar,gak lebih dari sekepalan tangan supaya bumbunya lebih gampang meresap. Didihkan air,tambahkan kaldu bubuk sesuai rasa yang kita mau (kaldu sapi untuk rasa daging sapi,kaldu ayam untuk rasa daging ayam) bisa juga ditambah bumbu lain kalau suka,seperti bawang putih geprek,sere,jahe atau daun salam..
  4. Kecilkan api,rebus gluten sampai betul2 matang sekitar 1 jam. Jaga supaya api tetap kecil saja,tidak sampai mendidih. Saya lupa kecilin api,akhirnya karena terlalu mendidih glutennya jadi berpori. Setelah matang,gluten siap diolah..
  5. Lapis daging : tumis bumbu halus,daun salam,daun jeruk,sere,cengkeh dan kayu manis sampai harum. Masukkan gluten/daging imitasi yang sudah dipotong agak tipis melebar. Balik2 sebentar..
  6. Masukkan gula merah,air asam,kecap manis dan garam. Tambahkan air,balik2,biarkan sampai bumbu meresap dan air berkurang. Cek rasa,angkat,sajikan..

Vegetarian tidak memasukkan daging dan makanan laut sebagai salah satu bahan dari makanannya. Makanan yang boleh dimakan pun terdiri dari segala macam bahan dasar tumbuh-tumbuhan, alga, jamur, dan segala sesuatu yang bukan hewani. Daging imitasi berbahan nabati, Seitan, membuktikan bahwa jadi vegetarian juga masih bisa makan daging. Mengenal Seitan, Daging bagi Para Vegetarian (Romualdo Crissi/Shutterstock). Resep lapis daging istimewa yang satu ini bukanlah perkecualian.

Comments

Popular posts from this blog

Nasi Ayam bumbu hitam ala madura

Nasi kebuli Daging Sapi

Bubur Ayam Kampung (Kampong Chicken porridge)