Opor Ayam Putih

Opor Ayam Putih. Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Resep Masakan Opor Ayam pasti tidak asing lagi buat kita yang tinggal di negara Indonesia tercinta ini.

Opor Ayam Putih Resep Opor Ayam Putih Sederhana Spesial Lebaran Asli Enak. Kalau kreasi olahan ayam berikut ini, dibuat dengan kuah spesial ayam masak putih. Rasanya yang lezat dan gurih dengan perpaduan. You can have Opor Ayam Putih using 15 ingredients and 7 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Opor Ayam Putih

  1. It's 1/2 ekor of ayam.
  2. It's 1/2 of kentang.
  3. You need 200 ml of Sun Kara.
  4. You need Secukupnya of ketumbar (disangrai).
  5. It's 3 buah of kemiri (disangrai).
  6. It's 1 sdm of merica.
  7. It's 5 buah of bawang merah.
  8. You need 3 buah of bawang putih.
  9. Prepare 1 buah of jahe (sebesar jempol).
  10. You need 1 buah of lengkuas (digeprek).
  11. You need 2 lembar of daun jeruk.
  12. It's 2 lembar of daun salam.
  13. You need Secukupnya of gula pasir.
  14. It's Secukupnya of minyak goreng.
  15. It's 1 liter of air.

Perbedaan opor ayam kuning dan opor ayam putih sebenarnya hanya terletak pada satu bahan yakni, penggunaan kunyit. Kunyit adalah salah satu bahan masakan yang menghasilkan warna kuning. Untuk opor ayam kampung tentu bahan utamanya adalah ayam kampung, jadi bukan ayam putih. Cara Memasak Opor Ayam tanpa Santan.

Opor Ayam Putih instructions

  1. Potong ayam sesuai selera besar kecilnya ±6 potong lalu cuci bersih setelah itu sisih kan.
  2. Kupas kentang jadi 4 bagian, cuci bersih, bumbu yang dihaluskan (ketumbar, jahe, bawang putih, bawang merah, kemiri, masukkan juga merica).
  3. Siapkan lengkuas, sereh, daun jeruk, daun salam cuci bersih untuk lengkuas dan sereh digeprek.
  4. Panasakan minyak sayur masukkan bumbu yang dihaluskan tadi serta lengkuas sereh dan daun jeruk daun salam tumis hingga harum.
  5. Masukkan potongan ayam diamkan sekitar 5 menit sambil diaduk rata, lalu masukkan santan sun kara dan 1 liter air diamkan 15 menit aduk pelan jangan sampai santan pecah.
  6. Setelah mendidih masukkan garam dan gula secukupnya, jika rasa sudah pas masukkan potongan kentang masak hingga benar benar lembut matikan kompor dan disajikan (boleh ditambahkan bawang goreng/irisan cabai merah) sesuai selera.
  7. Selamat mencoba 😁😁😁.

Ilustrasi opor ayam © Wikimedia Commons/Sakurai Midori. Demikian cara memasak opor ayam yang enak dengan kuah putih tanpa kunyit. Opor ayam biasanya sering dijumpai saat Lebaran. Namun, di hari biasa, kamu tetap bisa menikmatinya, kok. Umroh.com - Resep opor ayam putih menjadi salah satu menu andalan saat lebaran.

Comments

Popular posts from this blog

Nasi Ayam bumbu hitam ala madura

Nasi kebuli Daging Sapi

Bubur Ayam Kampung (Kampong Chicken porridge)