Kaldu Bubuk (Udang)

Kaldu Bubuk (Udang). Disini aku berbagi resep bikin kaldu bubuk dari kepala dan kulit udang. Dan aku pakai udang fresh yah hasil dari empang. Kaldu Udang bubuk, bisa Anda beli di pasar atau supermarket terdekat.

Kaldu Bubuk (Udang) Senangnya punya kaldu udang bubuk non MSG alami dibuat secara tradisional tanpa pengawet. bumbu masak bumbu dapur dari kulit udang menjadi. Kaldu bubuk.adalah salah satu bahan penyedap masakan. Ada yang terbuat dari daging sapi, ayam, seafood, jamur, dll. You can have Kaldu Bubuk (Udang) using 3 ingredients and 6 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Kaldu Bubuk (Udang)

  1. Prepare of Kepala dan kulit udang dari 1/2 kg udang.
  2. It's 1 sdt of garam.
  3. You need 9 siung of bawang putih.

Bahan dasar dari kaldu instan adalah daging sapi, daging ayam. Ayu Syah'an to Bedah Resep Abal-abal. Makin Gurih Tanpa Micin, Yuk Bikin Kaldu Bubuk Sendiri di Rumah! Bebas micin dan super lezat! - Tumis bumbu halus dan udang giling aduk rata sampai udang berubah warna, angkat. - Masukkan telur, lada bubuk, garam dan kaldu bubuk serta irisan daun bawang dan seledri aduk rata.

Kaldu Bubuk (Udang) step by step

  1. Cuci bersih kepala dan kulit udang dengan air mengalir. Tiriskan. Harus benar2 tiris, gunakan wadah yg ada lubang2nya. Kemudian geprek bawang putih..
  2. Lalu sangrai kepala, kulit udang dan bawang putih sampai kering. Aduk2 biar ga gosong...
  3. Setelah cukup kering, blender sampai halus. Hasilnya seperti ini...
  4. Kemudian sangrai lagi sampai kering. Blender lagi. Blender yg kedua ini teksturnya seperti terasi, bisa juga dibuat terasi..aromanya sudah semerbak..😄.
  5. Untuk mendapat kaldu bubuk, saya sangrai dan blender sampai 4x. Garam saya masukkan pada saat proses sangrai yg ke empat. Mohon maaf karena pengaruh cahaya, jadinya warnanya agak beda..ini warnanya coklat agak gelap aslinya. Hasilnya 80gram kaldu bubuk. Alhamdulillah...
  6. Masukkan dalam wadah kedap udara, tunggu agak dingin baru tutup..Kalo mau masak, tinggal pakai...

Bikin kaldu bubuk sendiri, sebenarnya gak sulit. Stok kaldu udang bubuk tinggal sedikit. Kebetulan tadi pagi baru belanja ke pasar beli udang setengah kilo. Lumayan bisa untuk campuran tumis-menumis atau capcay. Lalu tuang air , bubuhi dengan kaldu bubuk , gula putih, garam, dan merica selanjutnya aduk hingga rata.

Comments

Popular posts from this blog

Nasi Ayam bumbu hitam ala madura

Nasi kebuli Daging Sapi

Bubur Ayam Kampung (Kampong Chicken porridge)