Soto Sokaraja

Soto Sokaraja. Sekilas tentang Soto Sokaraja, Soto Sokaraja, soto ini sama seperti daerah asalnya yaitu Sokaraja, Banyumas. Soto Sokaraja atau yang lebih dikenal oleh orang Banyumas dengan sebutan Sroto. Sroto Sokaraja (Hanacaraka:ꦱꦿꦺꦴꦠꦺꦴ ꦱꦺꦴꦏꦫꦗ) adalah soto khas Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah.

Soto Sokaraja Resep Soto Sokaraja Khas Banyumas Purwokerto Sederhana Spesial Asli Enak. Soto Sokaraja nama lainnya adalah sroto Banyumas tradisional tersedia pakai daging sapi dan ayam keduanya. Kalo anda berkunjung ke Kabupaten Banyumas cobalah mampir ke Sokaraja untuk mencicipi kelezatan Soto Khas Sokaraja. You can have Soto Sokaraja using 26 ingredients and 9 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Soto Sokaraja

  1. Prepare 1 ekor of ayam.
  2. Prepare 1 kg of (babat,iso dan paru sapi).
  3. You need 1/2 kg of tulang sapi.
  4. You need 500 gr of soun.
  5. It's 250 gr of kol / kobis.
  6. You need 250 gr of kecambah/toge yg kecil2.
  7. You need 100 gr of kacang tanah.
  8. Prepare 100 gr of daun bawang.
  9. It's 250 gr of cabai rawit.
  10. You need 1/2 kg of krupuk merah.
  11. You need of Bumbu2 halus :.
  12. You need 10 siung of bawang putih.
  13. Prepare 1 sdm of lada.
  14. You need 5 butir of kemiri.
  15. You need 100 gr of jahe.
  16. You need 100 gr of lengkuas.
  17. Prepare 50 gr of kunyit.
  18. Prepare 5 lembar of daun jeruk.
  19. It's 5 lembar of daun salam.
  20. You need 3 batang of serai.
  21. You need 2 sdm of garam.
  22. It's 1 sdm of kaldu jamur.
  23. Prepare 50 gr of gula merah.
  24. You need of Bahan pelengkap :.
  25. It's of Bawang goreng.
  26. It's of Jeruk limau.

Soto oleh masyarakat banyumas disebut dengan istilah Sroto. Kalau cara membuat soto sokaraja ini sih tidak beda jauh dengan daerah di negara kita lainnya. Di situ terdapat banyak penjual soto asli sokaraja ini dengan harga yang cukup terjangkau. Resep Soto Sokaraja - pada kesempatan kali ini kami sajikan resep soto sokaraja, berbagai macam soto di indonesia Soto Kediri, soto Madura, Soto Lamongan.

Soto Sokaraja instructions

  1. Siapkan semua bahan2 nya,,cuci bersih babat dan iso dan pru dengan cuka supaya ilng bau amis dan segar,,dan sisihkan. Dan goreng kerupuk merah dengan api kecil dan minyak panas.
  2. Iris tipis daun bawang,,dan kol iris tipis tipis dan letakan dlm wadah,, utk sambal nya : rebus cabai hingga mendidih dan haluskan beri sdkit garam letakan dlm wadah.
  3. Haluskan bumbu untuk ungkep iso babat dan paru (bawang putih,lada,jahe,kunyit,dan lengluas dan garam)dan sisihkan lalu rendam bihung dengan air biasa supaya tdk lembek,,rebus air lalu mashkan smua bumbu yg sdh dhluskan lagi tmbhkan daun jeruk,slam dan serai yg sdh digeeprek tunggu hingga mendidih.
  4. Goreng kacang tanah dengan minyak sedikit dan api kecil dan aduk trs supaya tdk gosong dan matang merata lalu sisihkan.masukan babat iso dan paru pd air ungkep yg sdh mendidih tadi dan rebus kurleb 30 menit,sembari membuat lagi bumbu ungkep ayam (haluskan bawang putih lada dan kunyit dan jahe,garam dan lengkuas geprek).
  5. Rebus air dan masukn bumbu yg sdh dhaluskan tmbhkan serai,daun salam,daun jeruk dan serai rebus hingga mendidih masukan ayam rebus kurleb 20 menit,,dan sembari kecambah sampai mendidih aja dan angkat dan tiriskan.
  6. Sambil ditata bahan2 yg sdh jadi,,haluskan bawang kemiri jahe dan kunyit dan garam,,lalu tumis hingga harum dan beri serai yg sdh digeprek.
  7. Haluskan kacang,gula merah dan 1/2 sdt garam dengan blender beri sedikit air hingga halus dan letakan dlm wadah,,goreng ayam yg sdh diungkep hingga bewarna kekuningan,,angkat dan tiriskan.Rebus air kurleb 1 L hingga mendidih dan masukan tulang sapi rebus lg kurleb 25 menit lalu masukan bumbu yg sdh dtumis tadi beri garam dan kaldu jamur dan koreksi rasa.
  8. Ini bumbu kacangnya perpaduannya harus pas spya tdk merusak rasa ya,,kuah soto ny sdh jadi juga lngkap dengn kaldu dr tulangnya..lalu mulai packing satu2..masukan soun,kobis,kecambah,daun bawang,lalu iso babat dan paru yg sdh direbus tadi,beri suiran ayam,,bumbu kacangnya,sambal dan jeruk limau dan beri sedikit kecap.
  9. Taburi dengan krupuk merah dan siram dengan kuah sotonya,,aduk dan siap disantapppp,,.

Soto Sokaraja, merupakan salah satu makanan khas tradisional Indonesia dari daerah yang bernama Sokaraja, Purwokerto. Siapa tak kenal kuliner yang satu ini. Bakso & Soto Sokaraja "Sami Asih" (Pak Birin) salah satu kuliner yang sudah sangat terkenal di Purwokerto. Penggemar Bakso atau Soto pasti sudah sering makan. Seperti Banyumas ini mempunyai soto andalannya yaitu Soto sokaraja.

Comments

Popular posts from this blog

Nasi Ayam bumbu hitam ala madura

Nasi kebuli Daging Sapi

Bubur Ayam Kampung (Kampong Chicken porridge)