Arsik Ikan Mas Tanpa Kincung

Arsik Ikan Mas Tanpa Kincung. Ikan mas arsik adalah menu makanan khas daerah Tapanuli Utara (Batak) dan sudah menjadi tradisi turun temurun. Masakan ini adalah khas dari Suku Batak. Untuk acara adat tertentu masakan ini menjadi satu keharusan.

Arsik Ikan Mas Tanpa Kincung Siapkan wajan besar, susun kupasan daun sereh, separuh rajangan lengkuas & kincung di dasar wajan utk mencegah ikan tdk melekat & gosong. Ikan mas sendiri merupakan salah satu jenis ikan paling populer dan di buru oleh para pemancing. Ikan ini banyak kita jumpai di berbagai lokasi seperti sungai , danau Ikan mas menjadi primadona karena ikan ini cukup rakus dengan berbagai umpan sehingga lebih mudah di tangkap , selain itu. You can have Arsik Ikan Mas Tanpa Kincung using 19 ingredients and 8 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Arsik Ikan Mas Tanpa Kincung

  1. Prepare 650 gr of Ikan mas.
  2. You need of Bumbu halus:.
  3. You need 2 ruas of kunyit uk. sedang.
  4. It's 1 ruas of jahe.
  5. You need 3 siung of bawang putih uk. besar.
  6. It's 6 siung of bawang merah uk. besar.
  7. You need 3 of kemiri disangrai dulu.
  8. You need 1/2 sdt of ktumbar (sangrai dulu).
  9. It's 1/2 sdt of lada.
  10. Prepare 4 of cabai rawit.
  11. You need 7 of cabai merah (trgantung slera jika suka pedas bs ditambahi).
  12. Prepare of Bahan plengkap:.
  13. Prepare 1,5 sdm of andaliman, giling kasar,tdk halus agar warna ttp kuning.
  14. It's 1 ruas of lengkuas, memasrkan.
  15. Prepare 1 batang of serai, potong 4 lalu memarkan.
  16. You need 4 of daun jeruk ukuran besar.
  17. It's 2 of asam potong, sobek2 ukuran kecil (pengganti kincung).
  18. You need 1 ikat of kacang panjang, bersihkan, lalu potong2.
  19. It's 1 ikat of bawang batak.

Bahan utama pembuatan arsik ikan mas adalah ikan mas segar dan rempah-rempah lain yang merupakan rempah-rempah khas Batak. Tanaman berbunga warna merah jambu ini dikenal dengan banyak nama, ada yang menyebutnya bunga rias, kincung, atau honje. Sajian ikan mas arsik adalah salah satu masakan khas nusantara yang berasal dari Tapanuli. Hidangan ini memiliki cita rasa yang lezat dan begitu nikmat.

Arsik Ikan Mas Tanpa Kincung instructions

  1. Siapkan smua bahan.
  2. Potong2 ikan,buang insang, bersihkan, lalu kucuri air jerik nipis dan garam, diamkan 5-10 menit. Lalu bersihkan kmbali..
  3. Haluskan bumbu halus, lalu masukkan satu persatu ikan mas ke dalam bumbu, lalu lumuri ikan dgn bumbu..
  4. Letakkan dan susun ikan yg sudah dilumuri ke dalam kuali, lalu tambahkan bumbu pelengkap.
  5. Nyalakan api dgn api sedang, tutup, biarkan hingga ikan mngeluarkan air dan mndidih.
  6. Stelah bumbu terserap ke dlm ikan (warna ikan spti udh stengah matang), tambahkan air smpai mnutupi ikan,besarkan apinya.
  7. Setelah air ikan mendidih, kecilkan api mnjadi sedang. Tutup, tunggu hingga air berkurang sedikit. Lalu tambahkan kacang panjang, bawang batak, cabai merah belah(bs diskip).
  8. Jika sayur sedikit berubah warna (prtanda mau matang), tambhkan garam. Tes rasa. Akan smkin enak jika kuahnya byk dan entah knp arsik jika dipanasin kmbali (misalnya malam hr) rasanya kok smkn enak ya, bumbunya smkn trasa padat..

Nah, ketika hasrat mencicipi ikan mas arsik menghampiri anda, tenang anda tak perlu jauh-jau pergi ke Tapanuli. Biasanya ikan mas yang umum digunakan sebagai bahan arsik, walau jenis ikan lainnya seperti kembung, kakap dan daging juga bisa dipergunakan. Mengingat banyaknya rempah yang dipakai dan lamanya waktu memasak maka tak heran jika arsik dikenal hanya disajikan pada saat. Ikan Mas Arsik adalah makan khas dari Tapanuli. Masakan kali ini Ikan Mas Arsik akan dipadukan dengan rebung.

Comments

Popular posts from this blog

Nasi Ayam bumbu hitam ala madura

Nasi kebuli Daging Sapi

Bubur Ayam Kampung (Kampong Chicken porridge)